Kamis, 10 November 2011

About Raditya Dika :3

Raditya Dika (Dika Angkasaputra Moerwani), lahir di jakarta 28 Desember 1984 akrab dipanggil Radit atau Dika=)) adalah seorang penulis asal Indonesia. Tulisan-tulisan itu berasal dari blog pribadinya yang kemudian dibukukan. Buku pertama berjudul Kambing Jnatan masuk kategori best seller. Buku tersebut menampilkan kehidupan Dika saat kuliah di Australia tepatnya di Adelaide. Tulisan Radit bisa digolongkan sebagi genre baru. Waktu Ia merilis buku pertamanya tersebut, memang belum bannyak yang masuk ke dunia tulisan komedi. Apalagi bergaya diari pribadi=))

Karya dari Raditya Dika

Karya pertama yang mengangkat namanya adalah buku berjudul Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Bodoh pada tahun 2005. Buku ini menceritakn kehidupan Radit ketika masih berkuliah di Adelaide, Australia. Cerita yang dibawakan Radit adalah kisah-kisahnya sebagai pelajarIndonesia yanga berkuliah diluar negeri. Buku ini ditampilkan dalam format diary (buku harian). Seluruh cerita dalam karyanya tersebut berasal dari blog pribadi terdahulu milik Radit, www.kambingjantan.com yang sekarang sudah di beli oleh orang luar (lupa orang negara mana hehehehe) pokonya blog kaka radit sekarang www.radityadika.com


Buku keduanya berjudul Cinta Brontosaurus, diterbitkan pada tahun 2006. Hampir sama dengan buku sebelumunya, cerita-cerita dalam buku ini berasal dari kisah Radit. Namun, buku kedua ini menggunakan format cerita pendek (cerpen) yang bercerita mengenai pengalaman cinta Radit yang sepertinya selalu tidak beruntung. Isi dari buku ini meliputi kisah dari sewaktu Radit mengirim surat cinta pertama ke teman saat SD hingga pengalaman Radit memerhatikan kucing Persianya yang jatuh dengan kucing kampung tetangganya.


Buku ketiganya yang berjudul Radikus Makankakus: Bukan Binatang Biasa terbit pada tanggal 29 Agustus 2007. Buku ketiga ini mengisahkan Radit yang pernah menjadi badu Monas dalam sehari, mengajar bimbingan belajar, lalu saat dikira hantu penunggu WC, sampai cerita mengenai kutukan orang NTB.

Buku keempatnya berjudul Babi Ngesot: Datang Tak Diundang Pulang Tak Berkutang terbit pada bulan April 2008, adalah kumpulan cerita pendek pengalaman pribadi Radit. Benang merah dari buku Babi Ngesot adalah ketakutan-ketakutan Radit dalam hidup, termasuk: kalang kabut digencet kakak kelas, dihantuin setan rambut poni, sampai perjuangan menyelamatkan keteknya yang sedang “sakit”. Simak tujuh belas cerita aneh-tapi-nyata Raditya di buku ini.


Buku selanjutnya Kambingjantan: Sebuah komik Pelajar Bodoh terbit pada bulan Desember 2008. Komik Komedi ini ditulis oleh Raditya Dika dan diilustrasikan oleh Dio Rudiman. Berisi 6 chapter tentang pengalaman Radit kuliah di Adelaide, Australia. Lengkap dengan penggabaran gaya lebay oleh Dio Rudiman. Simak Radit yang ditaksir cewek Korea, mencoba mempecundangi orang Kediri, membantu teman arabnya mendapatkan bule, sampai membuat seorang Jepang dideportasi. Cerita di komik ini semuanya berbeda dengan buku Kambingjantan yang diterbitkan sebelumnya.


Ia juga bermain dalam film yang diangkat dari pengalaman hidupnya, Kambing Jantan: The Movie. Pada pertengahan bulan November 2009, melalui situs resminya.


Buku kelimanya adalah Marmut Merah Jambu yang diterbitkan bulan Mei 2010. Dari segi cerita sih dari 13 chapter cerita yang ada, Radit memang banyak membahas masalah cinta, ada juga tulisan dia yang udah pernah dimuat di blognya, tapi kayaknya cuma 1 chapter deh.. yang lain banyak membicarakan kisah cintanya raditya dika dari masa SMA sampai kisah cintanya bareng Sherina Munaf.


Dan nanti tanggal 24 Desember 2011 bakalan terbit buku barunya yang berjudul Manusia Setengah Salmon yang sekarang masih dalam proses percetakannya.


KARYA TULIS



Novel
2005 - Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh
2006 - Cinta Brontosaurus
2007 - Radikus Makankakus: Bukan Binatang Biasa
2008 - Babi Ngesot: Datang Tak Diundang Pulang Tak Berkutang
2010 - Marmut Merah Jambu
2011 - Manusia Setengah Salmon



Komik (bersama Dio Rudiman)
2008 - Komik Kambing Jantan
2011 - Komik Kambing Jantan 2



FILMOGRAFI


Pemeran
KAMBING JANTAN: THE MOVIE (2009)



Penulis skenario
MALING KUTANG (2009)



Dan ga lupa Raitya Dika itu kocak banget StandUpComedy nya=))=))=)) 

Maaf ya kaka Radit atau bang Dika kalo ada yang salah-salahnya hehehehehe

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
Copyright © ABEL!!
Blogger Theme by BloggerThemes